Black Mirror S1E1 – National Anthem

Shocking and disturbing.

Itu 2 hal pertama yang timbul di benak saya sekian detik setelah episode National Anthem berakhir.

Pada episode tersebut, PM Inggris digambarkan bersetubuh dengan seekor babi. Yikes. And the almost the whole movie is all about preventing the poor guy to do such unspeakable. But to no avail.

The despair, the hopelessness.. Hanya untuk mengetahui kalau hal tersebut tidak perlu terjadi andai saja ada yang tahu bahwa sandera yang membuat si PM Inggris harus melakukan hal tersebut sudah dibebaskan 30 menit sebelum deadline.

Its sicken me. Its just not fair.

Tapi itulah Black Mirror. Sepertinya serial ini memang didesain untuk membuat kita merasa gak enak setelah menontonnya. Namun demikian menontonnya merupakan pengalaman tersendiri yang mengesankan.

Belum lagi kalau kita pikirkan makna dari pesan dan simbol yang ditampilkan di tiap-tiap episodenya. Penuh dengan satir dan sinisme akan kecanggihan dan perkembangan teknologi yang saat ini tengah melanda dunia sekitar kita.

Contohnya di National Anthem. Bagaimana media-sosial digambarkan menjadi suatu keributan yang dapat menekan kebijakan dan pengambilan keputusan kepala negara. Sosial media. We don’t even know the people behind the keyboard. But their power and influence felt so real. But is it ? Saya masih menjadi orang yang masih skeptis terhadap pengaruh media sosial terhadap suatu negara mengambil kebijakannya. Mungkin dalam beberapa hal dan juga bergantung sama negara tempat media sosial tersebut digunakan.  I believe di Indonesia sekarang sudah mulai masuk ke titik jenuh karena media sosial sekarang sudah dipenuh-sesaki oleh bot, passukan buzzer yang menggunakan media sosial untuk kepentingan politik tertentu.

In Indonesia, when it came to politics, its hard to see the sincerity anymore.

On Being A Coach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: